AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS

Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan (networking) usaha.  ...

Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan (networking) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan.

Jaringan usaha yang harus dibangun adalah memiliki pengertian sebuah jalinan komunikasi dan kerjasama antar lembaga ataupun individu yang berorientasi pada profit untuk  mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dimana jaringan usaha memiliki esensi dalam kaidah-kaidah yang akan menghubungkan simpul-simpul usaha dari yang kita miliki yang akan dikerjasamakan dengan pihak lain, diantaranya bagaimana kualitas Kepemimpinan  yang akan melakukan kerjasama yang akan dibangun, tentunya harus memiliki sikap dan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.  Kepemimpinan (leadership ) dalam suatu proses  jaringan adalah kepemimpinan dari orang yang memang memiliki kemampuan  dan kemauan untuk menjaga hubungan saling kerjasama dan komunikasi`

Begitupun dengan Kemampuan daya jangkau unit yang akan dikerjasamakan, ada unsur kesamaan visi dan saling percaya serta mampu mengukur kemampuan kerjasama yang saling menguntungkan (win-win solution)  dan berkualitas untuk hasil yang maksimal.  Ada beberapa jenis jaringan yang terbentuk dalam dunia bisnis sesuai sifatnya, yaitu Jaringan dalam kegiatan sosial budaya, Jaringan yang serius dalam bisnis dengan membentuk perusahaan dan jaringan Holding untuk investasi dan kerjasama bisnis.

Ada beberapa faktor yang mendorong untuk terbentuknya suatu jaringan usaha dalam bisnis, diantaranya Optimalisasi sumber daya, bekerja secara lebih efektif., lebih mampu memusatkan segenap kekuatan,pencapaian sinergi, memperkokoh kompetensi dibidangnya, memperluas wilayah jangkauan kegiatan dan ada upaya untuk meningkatkan keahlian.  Sebelum  berjejaring kita kenali dulu manfaat dari berjejaring, agar lebih focus dan dapat dilakukan dengan optimal.  Adapun manfaat berjejaring  kita dapat Berbagi informasi dan pengalaman, dapat bekerjasama  dalam berbagai kegiatan, Mengembangkan model/ strategi pengembangan dan dapat meningkatkan kapasitas organisai/lembaga usaha kita lebih berkualitas.

Selanjutnya bagaimana biar dalam melakukan kerjasama berjejaring ini lebih efektif dapat dilakukan dan mudah dilakukan? Untuk efektifitas dalam berjejaring kita harus Mempunyai  kepentingan yang sama dengan prinsip bekerjasama saling menguntungkan, mampu membuat rumusan peran yang setara dalam koordinasi kerja   antara anggota., ada keterlibatan  yang setara pada semua tingkatan, merumuskan tujuan yang terukur jelas dan terumuskan secara tegas., saling ada kesadaran untuk mempertahankan kelangsungan    jaringan dan saling keterbukaan untuk kerjasama dengan jaringan kerja lainnya.

Bentuk-bentuk kegiatan dalam prinsip berjejaring yang dapat dilakukan dalam berbisnis,  biasanya seperti : Kegiatan promosi kolektif, Peningkatan kualitas dan kapasitas layanan, Kerjasama pembiayaan, Pertukaran informasi, pengalaman, pengetahuan, kecakapan teknis dan Pembelian dan penggunaan fasilitas pendukung kolektif serta kerjasama Riset dan pengembangan untuk kegiatan bersama.

Jadi, jaringan usaha itu memang diperlukan untuk dapat meningkatkan kapasitas perusahaan yang dapat memberikan penguatan bisnis yang lebih berkualitas dengan mendayagunakan pihak luar untuk sama-sama memberikan dukungan yang saling melengkapi satu sama lain.  Termasuk memanfaatkan akses-akses bisnis kita sehingga memudahkan dalam mendapatkan sarana pendukung usaha, dan lebih ditingkatkannya kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam hubungan bisnis yang lebih kompleks serta terjalin sebuah kemitraan yang saling menguntungkan.  Ingat saat era MEA diberlkukan kuncinya adalah persaingan yang harus disikapi dengan kolaborasi bisnis yang kuat dan menjadi pemenang dan berperan penting dalam jaringan usaha yang lebih kuat lagi.

Jaringan usaha diperlukan untuk dapat meningkatkan kapasitas perusahaan yang dapat memberikan penguatan bisnis yang lebih berkualitas dengan mendayagunakan pihak luar untuk sama-sama memberikan dukungan yang saling melengkapi satu sama lain.  Termasuk memanfaatkan akses-akses bisnis kita sehingga memudahkan dalam mendapatkan sarana pendukung usaha, dan lebih ditingkatkannya kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam hubungan bisnis yang lebih kompleks serta terjalin sebuah kemitraan yang saling menguntungkan

Manfaat yang akan dirasakan kalau kita dapat bersinergi dan berjejaring dengan dunia luar tentunya akan lebih memperluas akses (kemudahan) melalui sebuah kemitraan, begitu ling pula  kita dapat mudah dapat berbagi informasi dan pengalaman.  Kedua belah pihak yang bermitra dapat bekerjasama  dalam berbagai kegiatan, salingengembangkan diri dengan memadukan model/ strategi pengembangan serta dapat lebih meningkatkan kompetensi dan kapasitas organisasinya.

Untuk mencapai sebuah kerjasama jaringan yang efektif ada beberapa strategi yang dapat dilakukn untuk terjalin pola kerjasama yang berkualitas, diantaranya : (1) kedua belah pihak mempunyai satu  kepentingan dan tujuan yang sama, dengan menyamakan persepsi dan visi misi melakukan kemitraan, (2) berorientasi sama  untuk bermitra  saling menguntungkan, (3) Sama-sama menyusun rumusan peran yang setara dalam koordinasi kerja   antara anggota. (4) Adanya keterlibatan  yang setara pada semua tingkatan (5) rumusan tujuan yang terukur jelas dan terumuskan secara tegas, (6) Ada komitmen  untuk mempertahankan kelangsungan    jaringan. Dan (7) harus ada keterbukaan untuk kerjasama dengan jaringan kerja lainnya.

Lalu bagaiman cara kita dalam Membangun Komitmen Jaringan  Kerja Bersama yang baik, untuk sebuah kemitraan yang saling menguatkan?  Tentunya  dengan memperhatikan beberapa faktor seperti kesnambungan Visi dan Misi, Keterlibatan  dalam menjalankan Visi dan Misi, Materi, kemampuan, pengalaman, SDM yang  saling dipertukarkan dan paham betul keduanya akan kegiatan yang dapat  kita lakukan bersama sebagai langkah awal berjaring.   Begitupun dengan media yang mendukungnya, media apa yang dapat digunakan  untuk memulai kegiatan serta sepakati “Siapa yang sanggup memulai?”…..

Beberapa aktivitas /kegiatan usaha yang dapat dimitrakan atau disinergikan dalam jaringan usaha yang dapat memacu semangat baru dalam sebuah aktivitas yang lebih memotivasi usaha kedepan adalah seperti Kegiatan promosi kolektif yang dikolaborasikan, Memadukan Peningkatan kualitas dan kapasitas layanan, Kerjasama pembiayaan dan permodalan usaha yang lebih besar, Kerjasama Pertukaran informasi, pengalaman, pengetahuan, kecakapan teknis, Mitra Pembelian dan penggunaan fasilitas pendukung kolektif. serta jaringan kerjasama dalam melakukan riset dan pengembangan untuk kegiatan bersama.  Aktivitas-akitvitas seperti itulah yang dapat lebih menjadi penguatan berbagai sector dalam usaha kita, kalau mau lebih dibesarkan dan lebih mendayagunakan kekuatan untuk  sebuah perubahan.

Lalu…siapakah yang dapat memulai/menjadi inisiator untuk dapat berjejaring secara produktif ?  Tentunya Siapapun dapat menjadi inisiator.  Kuncinya adalah diperlukan modal ketekunan, tidak gampang menyerah sampai terbentuknya visi di antara para anggota jaringan.  Proses saling kenal untuk memahami gaya, misi, aturan dari masing-masing anggota, jelas memerlukan waktu yang panjang. Karenanya inisiator harus memiliki “nafas panjang” sebelum semuanya menjadi lebih terbuka dan operatif.

Itulah indahnya berjejaring dan bersinergi,…saling memberi manfaat dan keuntungan dalam melakukan bisnis tidak lagi sendiri, tapi mampu berkolaborasi dalam sebuah jaringan yang akan menjadi sebuah wahana pengembangan usaha yang lebih produktif.  Sukses untuk kita yang mau memanfaatkan jaringan usaha yang sangat terbuka dan akan menggiring kesuksesan kedepan melalui saling memberi manfaat dengan orang lain…..

COMMENTS

Nama

ABCGM Jabar,2,Artikel,3,Bahan Ajar,1,Berbagi Tips,2,Ide Bisnis,1,Motivasi,6,Networking,4,Opini Kewirausahaan,1,Serba-Serbi,2,Sharing,8,Sharing WUB,1,
ltr
item
Kangahro.com: AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS
AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS
https://2.bp.blogspot.com/-5YZG4O2d1ng/WOr_odcx_qI/AAAAAAAAQcg/_xWip6p1ZOw83gnCFFnNaYALZFdMRQq9QCLcB/s320/memelihara%2Bjaringan%2Bbisnis.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5YZG4O2d1ng/WOr_odcx_qI/AAAAAAAAQcg/_xWip6p1ZOw83gnCFFnNaYALZFdMRQq9QCLcB/s72-c/memelihara%2Bjaringan%2Bbisnis.jpg
Kangahro.com
http://www.kangahro.com/2016/01/untuk-mempertahankan-bisnis-salah-satu.html
http://www.kangahro.com/
http://www.kangahro.com/
http://www.kangahro.com/2016/01/untuk-mempertahankan-bisnis-salah-satu.html
true
3561313002391049541
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy