CITRA DIRI SEORANG PENDAMPING WIRAUSAHA / BUSINESS COACHING

"CITRA DIRI SEORANG PENDAMPING WIRAUSAHA / BUSINESS COACHING"

Oleh : Kang Ahro
Trainer Kewirausahaan Jawa Barat

Sahabat wirausaha...... dalam merencanakan maupun memulai usaha bahkan saat menjalankan usaha, kita kadang sangat membutuhkan advice dan masukan positif untuk mendukung beberapa aspek yang kita rasa belum pas atau masih timpang disana-sini.  Disanalah kita butuh pihak luar atau orang di sekitar kita untuk membantu memperbaharui segala yang kita belum baik, terlebih dari sisi manajemen, kelembagaan usaha, brending, teknis produksi, hingga promosi dan perizinan (legal aspek) serta proses pengembangan usahanya.
Untuk memfasilitasi hal-hal seperti itu ternyata masih perlu didampingi oleh pihak yang lebih kompeten dan lebih pengalaman di bidangnya untuk bisa berbagi (sharing) pengalaman menjawab berbagai masalah dan kondisi kritis yang diharapkan dapat memberi pencerahan dan solusi-solusi alternatif.  Bahkan dapat membantu menjembantani  kita dengan berbagai pihak yang memiliki fasilitas dan kemudahan untuk dapat membantu salah satu pemecahan masalah usaha kita.

Lalu peran pendamping (coach) seperti apa yang kiranya dapat membantu memberikan berbagai solusi dan akan dengan mudah menuntun kita akan lebih baik dalam merintis usaha kedepan, di awal-awal perintisan usaha ini? Tentunya kita harus menemukan sosok/profil yang ideal dan mampu menggandeng wirausaha baru lebih baik dalam perintisan usahanya.

Pendamping yang diharapkan adalah mereka yang memiliki pengalaman bisnis dan kemampuan teknis usaha sesuai bidang usahanya sehingga akan lebih mudah mentransfer pengetahuan dan keterampiln kepada wirausaha. Dan pendamping harus memiliki jiwa entreprener dan selalu mau belajar menambah ilmu nya untuk terus berbagi dengan dampingannya. Terlebih dia  dapat menjadi agen perubahan yang dapat mengarahkan dan mengawal proses perintisan usaha serta memiliki jiwa panutan, selalu menyenangkan dan mau bekerja dengan hati.

Itulah sekelumit sikap dan peran pendamping yang harus benar-benar dapat diterapkan di saat mendampingi wirausaha, selain komitmen dan motivasinya untuk terus memberikan kontribusi total untuk turut mencetak wirausaha baru yang lebih baik dan mumpuni.

Selamat menjalani peran pendamping yang begitu penuh dinamika dan  akan tetap menyenangkan di dalam sebuah aktivitas yang patut dijalani...

Sukses untuk kita semua...

Penulis :
Kangahro.com
www.startegidanbisnis-strabizTV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages