MEMANTAPKAN MENJADI WIRAUSAHA DENGAN EDUKASI PEMBIAYAAN

"MEMANTAPKAN MENJADI WIRAUSAHA DENGAN EDUKASI PEMBIAYAAN" Sahabat wirausaha....semoga Kita hari ini lebih mantap melangka...

"MEMANTAPKAN MENJADI WIRAUSAHA DENGAN EDUKASI PEMBIAYAAN"


Sahabat wirausaha....semoga Kita hari ini lebih mantap melangkah melanjutkan perjalanan usaha kita, menjadi wirausaha yang lebih profesional dan berkarakter.
Setelah kita kembangkan diri menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dibekali dengan motivasi dan pengkayaan diri dengan berbagai edukasi, mulai dari menajemen, produksi, keterampilan, pemasaran, pengelolaan keuangan (administrasi dan pembukuan) dan yang tak kalah pentingnya yaitu edukasi tentang pembiayaan sehingga kita lebih smart dalam mengelola dan memupuk permodalan serta mencari sumber-sumber permodalan yang tepat, sehingga kita dapat lebih terarah/bijak dalam mengembangkan pembiayaan usaha kita.


Terlebih untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagaimana kita dapat melihat peluang untuk mengembangkan usaha dengan diversifikasi produk maupun pengembangan pasarnya yang diikuti dengan bertambahnya petmintaan, tentunya kembali lagi kita dihadapkan pada kebutuhan tambahan/modal kerja untuk mengimbanginya. Begitu pula dengan sebuah perencanaan usaha yang baru yang harus dihitung lagi kebutuhan pembiayaannya maupun sumber-sumber keuangan aman yang akan digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan modal tambahan tersebut dalam waktu yang singkat memenuhi produksi tambahan itu.


Untuk itulah dari awal, kita harus mulai dipersiapkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengakses pembiayaan, menghitung biaya produksi yang tepat, memproyeksikan margin usaha dan arus kas dalam keuangan usaha yang kita jalankan. Edukasi seperti inilah yang harus terus dimantapkan sebagai bekal wirausaha untuk lebih profesional dalam mengelola keuangan usahanya.


Pembiayaan sebagai salah satu faktor penting dalam dukungan usaha, lebih difokuskan bagaimana kita mendapatkan akses pembiayaan yang aman, solutif dan mampu membesarkan volume usaha lebih pesat dengan perhitungan proyeksi yang jelas dan prospektif. Mulailah dengan membuat administrasi keuangan/pencatatan dengan menggunakan pembukuan (tertib administrasi) dan membiasakan menyusun laporan keuangan secara tertib dan kontinyu, sehingga kita dapat mengambil keputusan/kebijakan dalam membuat sebuah perencanaan yang jauh lebih matang dan bijak sehingga hasilnya dapat terpetakan dengan jelas dan memberikan gambaran prospek usaha kita kedepan.


Selanjutnya, pastikan kita dapat memperoleh pembiayaan yang aman dan tidak membebani kita dengan hutang yang terus menumpuk dan membesar, bahkan kita sampai terlilit piutang dengan berbagai lembaga keuangan dengan cara gali lobang tutup lobang.  Carilah lembaga keuangan resmi yang dapat memberikan solusi-solusi alternatif dana untuk modal kerja atau modal investasi yang sekaligus memberi perlindungan konsumen/nasabah dengan perhitungan nilai yang sesuai kebutuhan kita.  


Langkah-langkah alternatif pembiayaan seperti itu biasanya sebagai awal edukasi yang baik yang memberikan motivasi untuk menjalani usaha lebih tertib terutama dalam mengendalikan pembiayaan dan mengelola perputaran uang dengan aliran yang positif yang mampu menghasilkan benefit untuk margin usaha yang sehat yang selalu kita harapkan.


Mari kita terus belajar dan lebih cerdas serta bijak dalam mengelola sumber-sumber pembiayaan untuk kemajuan usaha kita. Dari sejumlah permasalahan dalam usaha yang paling berpengaruh kepada produksi dan pemasaran adalah masalah keuangan/pembiayaan untuk menjadi kontrol apakah kondisi  usaha kita ini sudah cukup sehat atau surplus, maka perlu dikembangkan atau harus ada penanganan khusus dalam konsistensi perputaran keuangan yang kita kelola selama ini.


Semoga tulisan ini dapat cukup mengedukasi dan memberikan semangat baru dalam membantu sahabat wirausaha mencapai kesuksesan dengan percepatan-percepatan di berbagai sektor terutama dalam urusan pembiayaan yang selalu menjadi masalah klasik para pelaku usaha..Terus semangat dan selalu menebar ilmu di muka bumi ini untuk kemaslahatan usaha yang kita jalankan..


Penulis :
KANG AHRO
Trainer Kewirausahaan
Kontributor Strabiz TV

COMMENTS

Nama

ABCGM Jabar,2,Artikel,3,Bahan Ajar,1,Berbagi Tips,2,Ide Bisnis,1,Motivasi,6,Networking,4,Opini Kewirausahaan,1,Serba-Serbi,2,Sharing,8,Sharing WUB,1,
ltr
item
Kangahro.com: MEMANTAPKAN MENJADI WIRAUSAHA DENGAN EDUKASI PEMBIAYAAN
MEMANTAPKAN MENJADI WIRAUSAHA DENGAN EDUKASI PEMBIAYAAN
https://4.bp.blogspot.com/-7oS7nxArS1M/WYm_WLsP0lI/AAAAAAAAQwc/OYiy3TJT30oDzMzqZfyGYSRQDAeOU9oXQCLcBGAs/s320/MEMANTAPKAN%2BMENJADI%2BWIRAUSAHA%2BDENGAN%2BEDUKASI%2BPEMBIAYAAN.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-7oS7nxArS1M/WYm_WLsP0lI/AAAAAAAAQwc/OYiy3TJT30oDzMzqZfyGYSRQDAeOU9oXQCLcBGAs/s72-c/MEMANTAPKAN%2BMENJADI%2BWIRAUSAHA%2BDENGAN%2BEDUKASI%2BPEMBIAYAAN.jpg
Kangahro.com
http://www.kangahro.com/2017/05/memantapkan-menjadi-wirausaha-dengan.html
http://www.kangahro.com/
http://www.kangahro.com/
http://www.kangahro.com/2017/05/memantapkan-menjadi-wirausaha-dengan.html
true
3561313002391049541
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy