Langsung ke konten utama

MENCARI MITRA YANG TEPAT UNTUK MENUNJANG USAHA

Dalam berbisnis kita tidak bisa bergerak sendirian, selalu saja kita akan membutuhkan jasa dan hubungan bisnis dengan pihak lain yang akan mendukung setiap aspek usaha yang kita jalankan.. Terlebih usaha akan beroperasi pasti membutuhkan interaksi dan saling berhubungan melalui kemitraan dan pemanfaatan jaringan usaha dalam lingkungan bisnis, mulai dari mencari bahan baku, distribusi, pemasaran, operasi perusahaan hingga bagaimana mencari pelanggan dan saluran suplay dan demand nya.

Dalam memetakan jaringan bisnis yang berkelanjutan tentunya dibutuhkan hubungan kemitraan yang dapat menunjang operasi usaha kedepan, sehingga dapat terjalin sebuah sistem bisnis yang saling berkolaborasi dan saling keterkaitan secara sinergi antara bisnis dengan bisnis, bisnis dengan personal , maupun pebisnis dengan pebisnisnya secara personal.  Konsep kemitraan yang harus terbangun dalam jiwa bisnis seorang wirausaha adalah bagaimana  memanfaatkan sebuah sistem jaringan yang berkonfigurasikan kembali agar rantai perusahaan bermakna sekaligus untuk membuat scope bisnis yang ekonomis.

Jaringan kemitraan yang dapat meningkatkan efisiensi internal, memampukan wirausaha akan menyadari pentingnya skala ekonomi dan membuat jaringan yang lebih luas untuk mengembangkan pengelolaan yang ekonomis. Secara teori ekonomi, usaha besar akan memperoleh keuntungan dengan pengelolaan yang ekonomis ditandai dengan adanya kemampuan menyebarkan biaya tinggi dari administrasi yang canggih, pembiayaan, dan aktivitas pemasaran melalui volume transaksi bisnis yang besar.  Dengan jaringan pula diharapkan kita k meningkatkan posisi tawar pelaku usaha dalam  membantu akses pasar.

Strategi yang dapat dilakukan dalam melakukan kemitraan, salah satunya dengan mendapatkan mitra yang dapat memberikan nilai tambah pada bisnis kita, dalam artian mencari  mitra yang tepat dan dapat memberikan pengaruh besar pada perkembangan bisnis kita.  Untuk mendapatkan mitra bisnis yang tepat dibutuhkan pemikiran dan konsep kemitraan yang strategis unruk masa depan bisnis kita, dengan berfikir global dan bertindak lokal, mencari mitra perusahaan yang organiss ramping berdasarkan proses, melakukan konsep kita bukan bekerja untuk perusahaan, tapi bekerja dengan perusahaan lain, focuskan secara total segala aspek kemitraan pada pelanggan, dan menjadikan kemitraan menjadi pembelajaran jangka panjang serta menjadisebuah aktivitas bisnis yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuan perusahaan.

Lalu apa manfaatnya kita marus melakukan kemitraan dalam bisnis? Tiada lain untuk membangkitkan gairah usaha dengan  agar mau membangun jaringan usaha.  Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah merubah kultur bisnis (changing business culture) dengan menghindarkan  Praktek Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat akan menjadi pembatas untuk mewujudkan persaingan bisnis yang lebih sehat. Mampu mendorong terjadinya kerjasama usaha antara pelaku usahayang saling sinergi dan perlu ada media khusus untuk mengkampanyekan hal tersebut.

Proses untuk mendorong jaringan usaha harus dipromosikan lewat media cetak maupun elektronik. Melalui media inilah diinformasikan konsep jaringan usaha dan apa manfaatnya. Disamping itu juga perlu ada talk shows melalui televisi atau radio, presentasi pada asosiasi-asosiasi perdagangan, surat-menyurat langsung kepada UMKM.  Penting yang harus ditumbuhkan adalah  kesadaran para peaku usaha  untuk melakukan kerjasama langsung tanpa ada perantara dam melakukannya dengan serius dan tepat.

Disanalah betapa pentingnya kita mencari mitra bisnis yang tepat dan memiliki kompetensi dan daya dukung terhadap bisnis yang kita jalankan.  Tentu yang adapat dilakukan adalah mencari dan memilih mitra usaha yang dapat selaras dengan konsep usaha kita, memiliki kapabilitas bisnis yang kuat serta memiliki pengalaman bisnis yang serupa, termasuk mencar orang-orang yang amanah dan punya dedikasi juga komitmen yang tinggi sehingga dapat bersikap professional dan tangguh dalam melakukan kerjasama bisnis yang solid dengan usaha kita.
Demikian semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MINDSET KEWIRAUSAHAAN

  MINDSET KEWIRAUSAHAAN ... Oleh : Achmad Rosyad , SP, MM (kangahro.com)   “Kewirausahaan itu adalah sebuah Mindset” Kewirausahaan itu bukanlah sebuah status ataupun pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, akan tetapi, adalah sebuah mindset . Itulah kenapa disebut dengan entrepreneurial mindset. Pola pikir ( mindset ) adalah cara memwirausaha ng terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'. Oleh karena itu, seringkali ditekankan kepada sikap mental seseorang dengan menjadi wirausaha. Atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang dilihat dan dialami. Pola pikir manusia bisa diubah, dari pola pikir yang negatif ke positif, pecundang ke pemenang, pekerja menjadi wirausaha. Pola pikir seorang wirausaha itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena pola pikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua wirausaha untuk menjalankan suatu

Memelihara dan Meningkatkan Etos Kerja

Membangun,   Memelihara   dan Meningkatkan                                       ETHOS KERJA “Etos kerja dapat di artikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang bertujuan mendapatkan hasil atau mencapai kesuksesan” Etos kerja sangat di perlukan oleh kita sebagai insan yang hidup di dunia ini yang   hanya menyediakan dua pilihan antara Mencintai pekerjaan atau Mengeluh setiap hari . Jika kita tidak bisa mencintai pekerjan , maka kita hanya akan memperoleh “5 – ng” : ngeluh, ngedumel, ngegosip, ngomel, ngeyel . Dalam urusan etos kerja, bangsa indonesia sejak dulu di kenal memiliki etos kerja yang kurang baik, sampai pada jaman pendudukan Belanda mereka menyebut kita dengan sebutan yang mengejek, in lander pemalas. Begitupun selama perjalanan bangsa ini salah satu faktor yang menyebabkan krisis multidimensi Indonesia sejak tahun 1997 adalah merajalelanya etos kerja yang buruk . Di bidang ekonomi, masyarakat lebih mengutamakan ekonomi rente daripada ek

AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS

Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan (networking) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan. Jaringan usaha yang harus dibangun adalah memiliki pengertian sebuah jalinan komunikasi dan kerjasama antar lembaga ataupun individu yang berorientasi pada profit untuk  mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dimana jaringan usaha memiliki esensi dalam kaidah-kaidah yang akan menghubungkan simpul-simpul usaha dari yang kita miliki yang akan dikerjasamakan dengan pihak lain, diantaranya bagaimana kualitas Kepemimpinan  yang akan melakukan kerjasama yang akan dibangun, tentunya harus memiliki sikap dan keputusan yang dapat dipe