Langsung ke konten utama

Spirit Hari Ibu dalam Menjalankan Bisnis

"Spirit Hari Ibu dalam Menjalankan Bisnis"

Hari ini tanggal 22 Desember, bertepatan dengan hari Ibu yang rutin diperingati setiap tahun untuk mengenang perjuangan kaum ibu sekaligus apresiasi bagi manifestasi kaum ibu dalam menjalankan tugas dan peran dalam keluarga dengan mengedepankan ketulusan, tak pernah lelah, selalu ikhlas mengurus ratusan pekerjaan rumah yang tak pernah ada habisnya serta melakukan peran ganda sebagai orang tua dalam pendidikan anak di rumah.

Spirit hari ibu kali ini lebih terasa kental, dengan banyak berperannya kaum ibu dalam mengisi perjuangan di era pembangunan saat ini dengan aneka profesi dan peran sertanya dalam sektor ekonomi untuk menunjukan eksistensi dalam koridor emansipasi menjadi kaum yang kuat, mampu bersaing dengan kaum pria dan sejajar mendapatkan porsi dalam kontribusi pemikiran dan kebersmaan dalam dunia usaha.

Jangan salah, di dunia wirausaha saat ini banyak diisi oleh kaum perempuan yang hebat yang bisa mengembangkan usaha rumahan sekaligus menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga untuk menyokong ekonomi keluarga dengan memberi/melengkapi penghasilan tambahan dalam keluarga.  Bahkan tak jarang banyak kaum ibu yang berhasil dalam dunia bisnis berkarir menjadi wirausaha perempuan yang tangguh dan mandiri serta eksis menjadi superwoman yang berdadaya saing dan terus berinovasi mengembangkan nilai-nilai entreprenership yang terus menjadi identitas keunikan dengan produk-produk unik dan penuh kreatif.

Berbicara perempuan, menginspirasi banyak hal terutama karaktetistik kaum ibu, apalagi bila kita kaitkan dengan sosok ibunda kita yang sudah jelas memberikan banyak gambaran profil seorang wanita yang mampu menjadi motivator, fasilitator bahkan kontributor dalan membangun keluarga sukses serta mampu menjadi penggagas sekaligus indikator keberhasilan sebuah pendidikan anak di rumah.  Dengan karakter dan sifat positif seorang ibu yang selalu sabar, mengayomi, selalu membantu, memprioritaskan hal-hal yang urgen serta memanage keuangan sebuah perusahaan kecil bernama keluarga, seorang ibu bahkan mampu menemukan banyak solusi terbaik dari permasalahan yang sulit sekalipun dalam keluarganya berkat pengalaman berulang yang terus dijadikan sumber referensi dan pembelajaran terbaik dalam kehidupan.

Seorang ibu adalah seorang desainer yang mampu mengkolaborasikan berbagai disiplin ilmu secara autodidak dalam proses membangun sebuah keluarga dalan mendampingi nakhoda biduk rumah tangga yang siap bertarung dengan segala resiko dan badai sekalipun.  Itulah istimewanya seorang ibu..dari mulai memperjuangkan keluarga, mengandung dan melahirkan anak serta mendidik/mengasuh anak-anaknya hingga besar begitu banyak mengandung filosofi perjuangan yang tidak main-main. Bahkan seorang ibu rela mengorbankan dirinya demi kebahagiaan anak dan suaminya. Waktunya tak pernah diperhitungkan dari mulai pagi hingga malam dengan segudang aktivitas dan perannya dalam menjaga rumah tangganya.  Betapapun seorang ibu adalah pahlawan bagi keluarganya, yang mampu menunjukan eksistensi ketahanan keluarga, menjadi sumber kenyamanan dan kebahagiaan dalam keluarga yang akan saling mendukung dalam membangun keluarga sakinah, mawwadah warrohmah yang dicita-citakan.

Itulah spirit kebanggaan kita pada sosok Ibu bahkan menjadi sumber inspirasi bagi para wirausaha dimanapun, tentunya dengan menyokong pada nilai-nilai positif yang ada pada sosok ibu kita pada sebuah jiwa wirausaha yang terus kita tumbuhkan, nilai-nilai itu antara lain kegigihan, ketulusan, kejujuran, kepedulian, manajemen waktu, mengelola resiko, selalu mencari solusi terbaik, mampu mengelola konflik, penuh empathy dan selalu serius dalam segala hal serta selalu mau belajar / memotivasi dirinya untuk lebih maju dan beradaptasi dengan lingkungan dimanapun berada.  Bahkan seorang ibu adalah figur pejuang tangguh yang mampu mengimbangi waktunya dengan ketekunan dan tawakal dalam ihtiar dan doa yang selalu terpanjatkan.

Sekian..mudah-mudahan menginspirasi kita semua..Selamat hari ibu dan tetap sayang serta bangga pada ibu kita semua, istri dan keluarga yang menjadi inspirasi bagi kita semua.

Penulis :
Kang Ahro
@strabiztv kontributor www.strategidanbisnis.com
Trainer Kewirausahaan Jawa Barat
kangahro.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MINDSET KEWIRAUSAHAAN

  MINDSET KEWIRAUSAHAAN ... Oleh : Achmad Rosyad , SP, MM (kangahro.com)   “Kewirausahaan itu adalah sebuah Mindset” Kewirausahaan itu bukanlah sebuah status ataupun pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, akan tetapi, adalah sebuah mindset . Itulah kenapa disebut dengan entrepreneurial mindset. Pola pikir ( mindset ) adalah cara memwirausaha ng terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'. Oleh karena itu, seringkali ditekankan kepada sikap mental seseorang dengan menjadi wirausaha. Atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang dilihat dan dialami. Pola pikir manusia bisa diubah, dari pola pikir yang negatif ke positif, pecundang ke pemenang, pekerja menjadi wirausaha. Pola pikir seorang wirausaha itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena pola pikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua wirausaha untuk menjalankan suatu

Memelihara dan Meningkatkan Etos Kerja

Membangun,   Memelihara   dan Meningkatkan                                       ETHOS KERJA “Etos kerja dapat di artikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang bertujuan mendapatkan hasil atau mencapai kesuksesan” Etos kerja sangat di perlukan oleh kita sebagai insan yang hidup di dunia ini yang   hanya menyediakan dua pilihan antara Mencintai pekerjaan atau Mengeluh setiap hari . Jika kita tidak bisa mencintai pekerjan , maka kita hanya akan memperoleh “5 – ng” : ngeluh, ngedumel, ngegosip, ngomel, ngeyel . Dalam urusan etos kerja, bangsa indonesia sejak dulu di kenal memiliki etos kerja yang kurang baik, sampai pada jaman pendudukan Belanda mereka menyebut kita dengan sebutan yang mengejek, in lander pemalas. Begitupun selama perjalanan bangsa ini salah satu faktor yang menyebabkan krisis multidimensi Indonesia sejak tahun 1997 adalah merajalelanya etos kerja yang buruk . Di bidang ekonomi, masyarakat lebih mengutamakan ekonomi rente daripada ek

AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS

Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan (networking) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan. Jaringan usaha yang harus dibangun adalah memiliki pengertian sebuah jalinan komunikasi dan kerjasama antar lembaga ataupun individu yang berorientasi pada profit untuk  mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dimana jaringan usaha memiliki esensi dalam kaidah-kaidah yang akan menghubungkan simpul-simpul usaha dari yang kita miliki yang akan dikerjasamakan dengan pihak lain, diantaranya bagaimana kualitas Kepemimpinan  yang akan melakukan kerjasama yang akan dibangun, tentunya harus memiliki sikap dan keputusan yang dapat dipe