Langsung ke konten utama

MEMELIAHARA KEUTUHAN SEBUAH KOMUNITAS BISNIS LEBIH PRODUKTIF

Sahabat, seiring pertumbuhan bisnis saat ini sedang tumbuh dimana-mana berbagai komunitas, asosiasi atau perkumpulan yang memiliki kesamaan flatform dan tujuan untuk bergabung berkolaborasi melakukan aktivitas bisnis yang saling bersinergi dan saling memberi penguatan.   Itulah fenomena yang terjadi dengan bertautan dan berinteraksi diantara sesama pebisnis baik pemula (start up) mapun usaha menengah ke atas yang kini bisa saling merekatkan diri membangun sebuah konsep sinergitas dalam mengusung misi yang cukup jauh kedepan menyikapi kondisi ekonomi saat ini yang penuh tantangan.

Semua itu lumrah dan sepantasnya dilakukan, karena prinsipnya untuk bisnis yang lebih kompleks dan berinergi harus melakukan kemitraan dan pemberdayaan kearah eksternal dengan lingkungan bisnis sekaligus mensinergikan peran pesaing dan mitra bisnis yang harus dijalankan dalam berbagai kesempatan.

Lalu bagaimana komunitas bisnis yang sudah berjalan dan bersinergi tersebut menjalankan aktivitas bersamanya melalui program kerjanya atau sistem pemberdayaan anggota komunitas yang ada di dalamnnya?  Terlebih sebuah ikatan komunitas yang terhimpun untuk harus dipelihara dan dikelola secara stimultan seiring bisnis pribadinya serta ada keberlanjutan dalam mendukung bisnis masing-masing anggotanya kedepan.

Ada beberapa tips dan strategi untuk memelihara keutuhan kebersamaan dalam sebuah komunitas bisnis yang perlu diterapkan untuk lebih semangat kita menjalankan aktivitas yang saling mendukung.  Diantaranya dengan terus mengadakan pertemuan informal secara periodik/rutin untuk membahas berbagai masalah, solusi dan terobosan/inovasi yang menjadi bagian dari program kerjanya. Membahas tuntas setiap permasalahan yang mengganggu sistem yang berjalan di komunitas secra kontinyu.

Lalu jangan lupa lakukan selalu evaluasi dan perbaikan kedepan dengan member komunitas, upayakan menghadirkan anggota baru yang akan lebih memberikan warna dan suasana berbeda. Terutama mereka-mereka yang membawa pengaruh dan inovasi yang akan lebih meningkatkan kualitas kelembagaan komunitas kita lebih baik lagi.

Lakukan pula pemaknaan pada setiap  aktivitas pertemuan di komunitas itu menjadi sebuah momen yang berharga dan bermakna dengan kebersamaan, kekeluargaan dan saling menghargai, menghormati satu sama lain demi semakin kuatnya tali silaturahmi serta bisa saling memberi penguatan satu sama lain. Karena pada prinsipnya berkelompok dalam komunitas itu sesungguhnya sedang membangun jaringan yang lebih luas dan produktif dalam bisnis semuanya.

Makna berinteraksi dalam komunitas pun malah menjadi sebuah wahana untuk bersinergi satu sama lain, membangun ekosistem bisnis yang kuat dan beradab serta dapat memberikan dampak lebih mendekatkan diri pada peluang-peluang pasar, suplay change, promosi, inovasi  kreativitas dan membangun sikap profesional dan handal dalam melakukan sebuah bisnis yang bersinergi melalui komunitas.

Komunitas ibarat sebuah kendaraan yang melaju kencang membawa anggotanya untuk saling berkomitmen mencapai tujuan bersama menggunakan jalan dan strateginya yang dibahas dalam perjalanannya menuju suatu goal setting yang terus dipelihara hingga sukses bersama dengan membawa sebuah perubahan.

Untuk itu harapannya tetap kuat dan rekat dalam komunitas yang sudah kita bangun bersama dengan terus memeliharanya, memberikan makna positif apapun di komunitas kita dan menyikapinya dengan hati yang ikhlas, tidak monoton dan terus dinamis membangun kebersamaan yang dilakukan secara kontinyu dan penuh persahabatan.

Bisnis yang kuat adalah bisnis yang bisa saling menguatkan diantara lingkunganya baik dari sisi bisnis maupun empatinya..Selamat bersinergi dan terus memelihara kekompakan dan produktif dalamnide-ide yang terus ditebarkan dalam wadah komunitas tercinta. Insya Allah jalan kedepan akan selalu dikuatkan karena kita lakukan tidak sendirian...

Salam sukses berkolaborasi dalam bisnis melalui bahtera komunitas di jaman now.....

@kangahro.com
Strategidanbisnis.com
#StrabizTV.com
#WidyaiswaraDisKUK

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MINDSET KEWIRAUSAHAAN

  MINDSET KEWIRAUSAHAAN ... Oleh : Achmad Rosyad , SP, MM (kangahro.com)   “Kewirausahaan itu adalah sebuah Mindset” Kewirausahaan itu bukanlah sebuah status ataupun pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, akan tetapi, adalah sebuah mindset . Itulah kenapa disebut dengan entrepreneurial mindset. Pola pikir ( mindset ) adalah cara memwirausaha ng terhadap sesuatu yang tertangkap oleh indra dan menghasilkan sikap yang terungkap dalam perilaku dan menghasilkan 'nasib'. Oleh karena itu, seringkali ditekankan kepada sikap mental seseorang dengan menjadi wirausaha. Atau bisa juga diartikan semacam filter diri sendiri untuk menafsirkan apa yang dilihat dan dialami. Pola pikir manusia bisa diubah, dari pola pikir yang negatif ke positif, pecundang ke pemenang, pekerja menjadi wirausaha. Pola pikir seorang wirausaha itu adalah pola pikir yang produktif, kreatif, inovatif karena pola pikir seperti inilah yang dibutuhkan oleh semua wirausaha untuk menjalankan suatu

Memelihara dan Meningkatkan Etos Kerja

Membangun,   Memelihara   dan Meningkatkan                                       ETHOS KERJA “Etos kerja dapat di artikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang bertujuan mendapatkan hasil atau mencapai kesuksesan” Etos kerja sangat di perlukan oleh kita sebagai insan yang hidup di dunia ini yang   hanya menyediakan dua pilihan antara Mencintai pekerjaan atau Mengeluh setiap hari . Jika kita tidak bisa mencintai pekerjan , maka kita hanya akan memperoleh “5 – ng” : ngeluh, ngedumel, ngegosip, ngomel, ngeyel . Dalam urusan etos kerja, bangsa indonesia sejak dulu di kenal memiliki etos kerja yang kurang baik, sampai pada jaman pendudukan Belanda mereka menyebut kita dengan sebutan yang mengejek, in lander pemalas. Begitupun selama perjalanan bangsa ini salah satu faktor yang menyebabkan krisis multidimensi Indonesia sejak tahun 1997 adalah merajalelanya etos kerja yang buruk . Di bidang ekonomi, masyarakat lebih mengutamakan ekonomi rente daripada ek

AYO MEMBANGUN DAN MEMELIHARA JARINGAN USAHA KALAU MAU EKSIS BERBISNIS

Untuk mempertahankan bisnis, salah satu strategi yang harus dibangun adalah dengan mengembangkan/memperkuat jaringan (networking) usaha.  Dimana kita harus dapat bersinergi, berkolaborasi dan saling menjalin kemitraan dengan usaha lain, baik yang sejenis maupun usaha yang berbeda dengan tujuan untuk memperbesar akses dan penting bagi peningkatan kualitas layanan dan produktivitas usaha dengan berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sekaligus dikerjasamakan. Jaringan usaha yang harus dibangun adalah memiliki pengertian sebuah jalinan komunikasi dan kerjasama antar lembaga ataupun individu yang berorientasi pada profit untuk  mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dimana jaringan usaha memiliki esensi dalam kaidah-kaidah yang akan menghubungkan simpul-simpul usaha dari yang kita miliki yang akan dikerjasamakan dengan pihak lain, diantaranya bagaimana kualitas Kepemimpinan  yang akan melakukan kerjasama yang akan dibangun, tentunya harus memiliki sikap dan keputusan yang dapat dipe